Rabu, 04 November 2009

Harga Menentukan Keputusan dalam Memilih Produk
Saat ini, pertumbuhan akan kebutuhan barang atau jasa semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut konsumen harus jeli dalam menentukan pilihannya terutama dalam soal harga, karena harga mempunyai pengaruh yang besar dalam pengembilan keputusan konsumen.
Konsumen memandang harga sebagai suatu nilai pada sebuah produk barang atau jasa. Setiap barang dan jasa memiliki haega yang berbeda-beda, bias dilihat dari bentuk atau manfaat dari barng itu sendiri dalam penetapan harga. Produsen harus memutuskan harga suatu barang karena mempengaruhi perkembangan dan mempengaruhi konsumen itu sendiri dalam menentukan produk itu sendiri.
Dalam hal ini, kita mencoba mempelajari harga-harga Ponsel. Di era zaman globalisasi ini, Ponsel sudah menjadi barang yang bermanfaat bagi semua kalangan, baik kalangan remaja maupun di kalangan orang-orang eksekutif, ponsel juga sudah bias dikatakan sebagai kebutuhan pokok.
Ponsel sendiri membidik 2 segmentasi, yaitu : kelompok masyarakat di kalangan menengah ke bawah dan menengah ke atas. Di kelompok menengah kebawah harganya sekitar maksimal Rp. 1,5 juta sedangkan untuk menengah keatas dengan harga diatas Rp. 1,5 juta.
Dalam menentukan harga ada beberapa kebiasaan konsumen dalam membeli Ponsel.
Persentase (%) Kebiasaan dalam membeli
62,20 Telah menentukan merek dan langsung membeli
14,60 Telah menentukan merek telebih tapi berdiskusi dulu dengan penjual
11,20 Belum menentukan merek, berdiskusi dan membelinya
9,00 Belum menetukan merek, memilih sesuai harga dan kualitas
Sumber : Majalah MARKETING edisi 09/IX/September 2009
Jadi dalam menentukan Ponsel yang akan dibeli beberapa konsumen menentukannyadilihat dari merek, harga ataupun kualits ponsel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar